Apakah Umur 21 di Tahun 2024 bisa Daftar Polisi atau Polwan?

Apakah Umur 21 di Tahun 2024 bisa Daftar Polisi atau Polwan? Dari kecil, banyak dari kita bermimpi menjadi pahlawan yang menjaga keamanan

Daftar Isi [Tampilkan]
Apakah Umur 21 di Tahun 2024 bisa Daftar Polisi atau Polwan?
Foto : Biro SDM Polda Kalteng

Apakah Umur 21 di Tahun 2024 bisa Daftar Polisi atau Polwan? Dari kecil, banyak dari kita bermimpi menjadi pahlawan yang menjaga keamanan dan keadilan di negeri ini. Salah satu cita-cita yang sering muncul adalah menjadi seorang polisi. Bagi banyak anak, gambaran tentang memakai seragam kebesaran, membawa tanda pengenal, dan menjalankan tugas penuh keberanian memang menggoda.

Untuk pendaftaran Polisi dan Polwan di Indonesia, umur maksimal calon pelamar biasanya ditentukan oleh kebijakan dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan dapat mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Umur maksimal ini dirancang untuk memastikan bahwa calon anggota memiliki kondisi fisik dan kesehatan yang memadai untuk menjalankan tugas kepolisian.

Batas Umur Daftar Polisi

Nah bagi kalian yang ingin mendaftar sebagai anggota Polri, para casis umumnya harus berada dalam batas umur tertentu. Kalian pasti bertanya-tanya apakah umur 22 tahun bisa daftar Polisi? Apakah Umur 23 Tahun bisa ikut tes Polisi ? atau umur 24 tahun bisa diterima jadi Polisi?

Umur minimal dan maksimal untuk mendaftar dapat bervariasi tergantung pada jenis atau jalur Penerimaan Polri dan Persyaratan yang ditetapkan oleh Panitia Penerimaan Polri. Namun, umumnya:

  •     Umur Minimal Daftar Polisi

    Umur minimal untuk mendaftar sebagai polisi biasanya berkisar antara 17 tahun 7 bulan hingga 22 tahun. Ini berarti pelamar harus sudah mencapai usia minimal tersebut pada saat buka pendidikan.

Baca Juga : Berapa Lama Pendidikan Polisi setelah Lulus Seleksi Penerimaan Polri?

 

  •     Umur Maksimal Daftar Polisi

    Umur maksimal biasanya berkisar antara 21 hingga 40 tahun. Pada beberapa jenis penerimaan, batas umur maksimal bisa lebih tinggi, tergantung pada persyaratan yang ditetapkan oleh Polri. 

Cara Hitung Umur Daftar Polisi

Bagaimana cara menghitung batas umur minimal dan maksimal yang bisa mengikuti atau mendaftar Polisi?

Biasanya untuk mengetahui apakah umur kita bisa daftar Polisi atau Polwan yaitu dengan cara melihat terlebih dahulu Persyaratan Penerimaan Polri terbaru yang telah diumumkan oleh Panitia Penerimaan Polri pada saat dibuka pendaftaran. Nah selanjutnya kita bisa mengetahui pada pengumuman tersebut tertera tanggal Buka Pendidikan, dari situ kita bisa menghitung dari Tanggal Kelahiran sampai dengan Tanggal Buka Pendidikan jika dihitung atau dikurangkan apakah umur kita bisa ikut mendaftar atau tidak. Karena selisih 1 hari saja dari perhitungan tanggal Buka Pendidikan maka dipastikan kita tidak memenuhi syarat Umur yang ditentukan. 

Baca Juga : Sekolah Polisi Negara Apa itu SPN? Ada Berapa SPN di Indonesia

Hubungi Panitia Penerimaan Polri

Jika kalian masih ragu bisa juga langsung menghubungi Polres, Polda maupun Polsek terdekat didaerah kalian dan menanyakan apakah umur kalian masih bisa mengikuti Pendaftaran Polri nanti ketika sudah dibuka Pendaftaran. Biasanya kalian akan diarahkan pada Panitia Penerimaan Polri di Polres setempat.

Baca Juga :

Persyaratan SIP Polri 2024 dan Tahapan Seleksi SIP 

Perbedaan SIP dan PAG ini Bedanya Sekolah Perwira Polri 

Penerimaan SIPSS 2024 Polisi Sumber Sarjana D4/S1/S2 bisa Daftar

 


Link copied to clipboard.