Wajib Baca! Tahapan Seleksi Penerimaan Polri dari Awal Sampai Akhir

Wajib Baca! Tahapan Seleksi Penerimaan Polri dari Awal Sampai Akhir - Setelah kemarin admin posting mengenai Mau Daftar Polisi/Polwan Pilih Tamtama

Daftar Isi [Tampilkan]

Tahapan Seleksi Penerimaan Polri

Wajib Baca! Tahapan Seleksi Penerimaan Polri dari Awal Sampai Akhir - Setelah kemarin admin posting mengenai Mau Daftar Polisi/Polwan Pilih Tamtama atau Bintara? Ini Perbedaanya, silahkan dibaca bagi yang belum paham. Kali ini akan membagikan tentang Tahapan Seleksi Penerimaan Polri dari Awal Sampai Akhir dan siap berangkat Pendidikan.

Tahapan Seleksi Penerimaan Polri

Proses seleksi untuk menjadi anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melibatkan beberapa tahapan atau rangkaian tes polri yang ketat dan komprehensif. Berikut adalah urutan umum tahapan seleksi tes penerimaan Polri dari awal hingga akhir. Tahapan tes-tes masuk Polisi ini biasanya tidak berbeda jauh dari masing-masing jalur. Seperti Jalur Tamtama,Bintara AKPOl dan SIPSS.

✅ Urutan Seleksi Penerimaan Polri (Tes Polisi)

1. Pendaftaran Online

Setelah mendapatkan informasi tentang Tanggal Pembukaan Pendaftaran baik dari web Resmi Penerimaan Polri atau dari sosmed Penerimaan Polri silahkan pastikan kembali ke kantor Polisi terdekat seperti Polsek, Polres maupun Polda di daerah kalian bahwa benar Polri sedang melakukan Rekrutmen Anggota Polri.

Setelah itu para calon anggota Polri harus mendaftar secara online melalui situs web resmi bisa baca disini . Setelah itu isi semua formulir pendaftaran yang diminta dan upload berkas dokumen yang diperlukan.

2. RIKMIN Pemeriksaan Administrasi Tahap I

Setelah melakukan pendaftaran online dan mendapatkan Nomor Registrasi silahkan datang ke panitia penerimaan setempat yaitu Polres dengan membawa berkas yang diminta, Panitia seleksi akan memeriksa kelengkapan dokumen dan memverifikasi persyaratan calon, seperti usia, pendidikan, dan kesehatan. Calon yang memenuhi persyaratan (MS) administrasi akan diundang ke tahap selanjutnya.

3. RIKKES Pemeriksaan Kesehatan

Tes Kesehatan: Calon akan menjalani pemeriksaan medis untuk memastikan mereka bebas dari penyakit yang dapat mengganggu pelaksanaan tugas polisi.

Biasanya terdapat 2 Tahapan yaitu

    RIKKES Tahap I meliputi : cek fisik luar postur tubuh, berat badan dll

    RIKKES Tahap II meliputi : cek darah,rontgen,EKG, (termasuk tes Keswa) Kesehatan Jiwa

4. Tes Psikologi Tahap I

Tes Psikologi Polri : Tes Psi Polri ini bertujuan untuk menilai aspek-aspek psikologis calon, termasuk kepribadian, motivasi, dan kemampuan berpikir. Hal ini penting untuk memastikan bahwa calon memiliki ketahanan mental dan emosional yang diperlukan untuk menjadi anggota Polri (Psikotes Polri).

5. Uji Akademik Polri (CAT Akademik Polri)

Tes akademik dalam pendaftaran Polisi, seperti yang diperlukan dalam seleksi Penerimaan Polri (Polisi Republik Indonesia), umumnya mencakup materi pelajaran yang mengukur pengetahuan dan kemampuan calon anggota Polri dalam beberapa bidang. Bagi kalian juga bisa mengikuti tryout akademik polri untuk mengasah kemampuan akademik kalian.

Materi yang diuji dapat berbeda-beda, tetapi umumnya mencakup:

  • Bahasa Indonesia: Tes ini mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa Indonesia, termasuk tata bahasa, kosakata, serta kemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Indonesia.
  • Matematika: Materi tes matematika biasanya meliputi konsep dasar matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perbandingan, persentase, dan pemecahan masalah matematika sederhana.
  • Pengetahuan Umum: Tes ini mencakup berbagai topik pengetahuan umum, seperti sejarah Indonesia, geografi, budaya, pemerintahan, agama, dan lainnya. Pemahaman tentang masalah-masalah sosial dan politik juga bisa menjadi bagian dari tes ini.

6. Tes Fisik Uji Kesamaptaan Jasmani (TKJ)

Calon akan menjalani serangkaian tes fisik, termasuk tes lari, tes sit-up, dan tes push-up, untuk mengukur tingkat kebugaran fisik mereka. Standar keberhasilan dalam tes ini bervariasi tergantung pada jenis kelamin calon. TKJ ini biasanya dirangkai dengan Tes Antoprometri Polri.

7. RIKMIN Akhir Pemeriksaan Administrasi Akhir

8. Pantukhir - Sidang Penetapan Kelulusan

Setiap tahap seleksi harus dijalani dan berhasil dengan kriteria MS atau Memenuhi Syarat oleh calon anggota Polri. Jika salah satu tahapan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) maka bisa dipastikan kalian tidak bisa melanjutkan ketahap tes berikutnya. Harap diingat bahwa persyaratan dan tahapan seleksi bisa berubah seiring waktu dan berdasarkan kebijakan Polri yang berlaku.

Nah itulah informasi terkait Tahapan Tes Polisi atau Urutan Seleksi Penerimaan Polri dari Awal Sampai Akhir jika ada perubahan kemungkinan tidak jauh berbeda dan akan admin update selanjutnya.

    Cari sesuatu tapi belum ketemu❓

Jangan ragu untuk memberikan, pertanyaan, pengalaman dan kendala Anda seputar Seleksi Penerimaan Polri mulai dari cara Registrasi dan Syarat lain pada kolom komentar Facebook dibawah.  Selamat Berjuang semoga sukses!! 🚓👮‍♀️💪

Link copied to clipboard.