Rahasia Lolos Tes Kesehatan masuk Polisi Mata,Gigi,THT,Tensi,TB,BB

Daftar Isi [Tampilkan]

Tes Kesehatan masuk Polisi Mata,Gigi,THT,Tensi,TB,BB
Rikkes Polda Gorontalo

Strategi Lolos Tes Kesehatan masuk Polisi Mata,Gigi,THT,Tensi,TB,BB - Dalam perjalanan menuju impian untuk menjadi bagian dari kehormatan kepolisian, tes kesehatan menjadi langkah penting yang tidak boleh dianggap enteng. Menghadapi berbagai tes, seperti tes mata, gigi, THT, tensi, tinggi badan, dan berat badan, memerlukan persiapan yang matang agar lolos dan memastikan bahwa tubuhmu siap menjalani tugas dengan optimal.

Tes Kesehatan Masuk Polisi Apa saja yang dicek?

Mungkin dari kalian yang ingin mendaftar jadi Polisi bertanya-tanya mengenai Tes kesehatan polri apa saja ? Maupun hal-hal yang dapat menggugurkan pada sat tes kesehatan masuk polisi.

Berikut dibawah ini beberapa penjelasan terkait tahapan Rikkes Tahap 1 / Pemerikasaan Kesehatan 1 ketika seleksi Penerimaan Polri baik calon Polisi Laki-laki dan calon Polwan sebelum bisa lanjut pada Tahapan Tes / Pemeriksaan Kesehatan Tahap 2.

Pentingnya Tes Mata: Melihat dengan Jelas, Bertindak dengan Presisi

Tes mata adalah salah satu aspek vital dalam pemeriksaan kesehatan untuk masuk kepolisian. Memastikan bahwa penglihatanmu dalam kondisi prima adalah kunci untuk melaksanakan tugas dengan akurat dan efektif. Sebelum mengikuti tes mata, pastikan kamu telah melakukan pemeriksaan mata secara menyeluruh, dan jika ditemukan masalah, segera konsultasikan dengan dokter mata untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Visus mata 

Di item ini peserta akan diperiksa kesehatan matanya, pemeriksaan kesehatan mata itu dibedakan menjadi dua yang buta warna dan minus plus dan lain-lain nah yang pertama untuk pemeriksaan yang buta warna itu dilakukan dengan cara kalian akan diberikan sebuah buku dan kalian disuruh untuk membaca buku tersebut yang terdiri dari pola-pola berbentuk lingkaran kecil dengan warna-warna yang berbeda biasanya disana ada isinya tentang grup dan juga pola jadi karena misalnya dibuka di sana akan ditanya ini huruf apa, dan itu huruf apa jika kalian tidak bisa menyebutkan itu kalian dikatakan buta warna.

Selain juga menyebutkan huruf kalian akan mengikuti sebuah pola. Bagaimana kalian mengikuti pola tersebut sampai dari ujung ketemu dengan ujungnya, Nah untuk buta warna itu bisa dibedakan jadi luar secara umum yaitu yang buta warna total dan buta warna parsial.

Yang kedua yaitu pemeriksaan minus atau plus kalian itu bagaimana caranya, Jadi kalian akan berdiri dari jarak tertentu sudah ada batasan jaraknya kemudian si pemeriksa itu akan menunjukkan huruf-huruf kepada kalian misalnya dari huruf terbesar sampai huruf kecil Nanti kalian akan membacanya misalnya a-b-c-d kaya akan menyebutkan tetapi secara acak.

Baca jugaStrategi dan Tips Lolos Tes Buta Warna Seleksi Penerimaan Polri

Senyum yang Sehat: Tes Gigi sebagai Cermin Kesehatan Umum

Tes gigi tidak hanya menilai kebersihan gigi dan gusi, tetapi juga mencerminkan kesehatan umummu. Pastikan untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi secara rutin, serta periksakan gigi secara berkala. Dengan senyum yang sehat, kamu tidak hanya melewati tes gigi, tetapi juga menunjukkan komitmenmu terhadap kesehatan secara menyeluruh.

Jadi kondisi gigi yang bagus adalah giginya putih bersih tidak berlubang tidak ada karang gigi tidak ada yang hilang dan rapi.

Pemeriksaan Gigi dan Mulut

Jadi kondisi gigi yang bagus adalah giginya putih bersih tidak berlubang tidak ada karang gigi tidak ada yang hilang dan rapi. Nah itu beberapa kategori secara umum dimana gigi dikatakan normal atau pun baik sekarang kita akan bahas satu persatu yang bernama gigi harus putih dan bersih 

Nah saya kira semua dari kalian giginya sudah putih dan bersih Pasti kalian semua sudah rajin gosok gigi menjaga kesehatan gigi kalian kalau memang ada giginya yang tidak putih tidak bersih itu solusinya gampang kalian tinggal datang saja ke dokter gigi bilang giginya mau dibersihkan sudah ada solusinya gampang sekali, yang selanjutnya gigi tidak berlubang jika dari kalian ada giginya yang berlubang kalian datang saja ke dokter gigi lalu ditambal karena dalam pemeriksaan kesehatan jika ada gigi yang berlubang itu masalah hadapi ada gigi yang berlubang sudah ditambal tidak apa-apa itu normal.

Oke selanjutnya adalah karang gigi dan jika dari kalian ada yang memiliki karang gigi maka kalian tinggal kotoran ini untuk dibersihkan karang tersebut. Nah itu bukan permasalahan yang susah jadi kita tinggal bersihkan ke dokter gigi selanjutnya

Selanjutnya adalah gigi hilang, Nah apa yang dimaksud dengan Gigi hilang disini, jadi dari Gigi kalian itu mungkin ada yang hilang karena copot kecelakaan jatuh terbentur dan lain sebagainya nah gimana solusinya ? Gigi yang hilang itu solusinya adalah kalian harus memasang gigi palsu tetapi ingat ini tetapi tidak boleh lepas pasang harus yang permanen, gigi palsu itu memang sama sekali tidak bisa kalian tutupi karena dokter gigi yang memeriksa kalian pada saat tes itu pasti sudah tahu mana gigi asli mana gigi palsu jadi kalau sudah kalian memasang ini palsu atau tidak hanya itu akan membantu kalian dalam pemeriksaan karena jika menggunakan gigi yang pas-pasan itu sudah pasti kalian tidak lulus karena itu sudah tercantum di dalam peraturan Pemeriksaan kesehatan.

Yang terakhir adalah kerapian gigi nah di dalam kerapian gigi ini ada beberapa memang kelainan-kelainan masing-masing individu Contohnya seperti gigi depan yang condong kedepan dalam bentuk lebih maju atau biasa orang bilang tonggos kemudian ada juga kebalikannya gigi bawahnya lebih maju atau dibilang cakil kan ada juga jarak antar giginya rongga gigi satu dengan yang lainnya tidak menempel rapi tetapi dia ada jarak sedikit, Nah itu tidak boleh dalam pemeriksaan kesehatan tahap pertama Nah untuk solusinya gimana? solusinya ini harusnya jauh-jauh hari yaitu dengan cara memasang behel itu akan membuat gigi kalian lebih rapi. Kesimpulannya pada item tes gigi dan mulut semuanya bisa kalian persiapkan.

Cek THT: Pentingnya Fungsi Telinga, Hidung, dan Tenggorokan

Tes THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) memastikan bahwa organ-organ tersebut berfungsi dengan baik. Melibatkan pemeriksaan pendengaran, pernapasan, dan kesehatan tenggorokan, tes ini memerlukan kesiapan fisik dan kesehatan. Pastikan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ THT, serta berkonsultasi dengan dokter jika terdapat masalah.

Kendalikan Tensi: Menjaga Keseimbangan Fisik dan Mental

Tes tensi menjadi ukuran tekanan darahmu. Menjaga tensi dalam batas normal tidak hanya penting untuk lolos tes, tetapi juga untuk menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah. Praktikkan gaya hidup sehat, termasuk pola makan seimbang dan olahraga, untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

Pemeriksaan tensi dan denyut nadi 

Kalian pasti semua sudah tahu bagaimana kalau orang di tensi Normal itu adalah 110/80, untuk batasan atas yaitu 140 dan batasan bawah adalah 90 ketika tensi kalian diatas 140 misalnya 145/80 nah itu kalian dinyatakan tidak memenuhi syarat sama halnya juga dan jika kalian dibawah 90 biasanya 80 atau 70 pasti kalian tidak memenuhi syarat karena batasan paling atas 140 batasan paling bawah 90 normalnya adalah 120/80 untuk pemeriksaan tensi.

Tensi itu biasanya akan naik ketika kalian mengikuti tes kenapa bisa naik? penyebabnya adalah salah satu grogi kalian merasa grogi, merasa nerves jadi tensi kalian naik, kalau tensi kalian terlalu tinggi semua itu wajib dan konsultasikan ke dokter.

Tinggi Badan dan Berat Badan Ideal: Proporsi Tubuh yang Seimbang

Menjaga tinggi badan dan berat badan dalam proporsi yang ideal merupakan salah satu kriteria penting dalam tes kesehatan. Olahraga dan pola makan sehat dapat membantu menjaga berat badan, sementara posisi berdiri yang benar dapat memberikan dampak positif pada tinggi badan.

Melalui persiapan yang matang dan menjaga kesehatan secara menyeluruh, kamu dapat menghadapi setiap tes kesehatan dengan percaya diri. Tes kesehatan bukan hanya langkah menuju karir kepolisian, tetapi juga investasi dalam kesejahteraan pribadi dan kemampuan optimal untuk menjalani tugas dengan tanggung jawab penuh.

Baca juga ! 

Kamu Harus Tahu Istilah dan Arti Kata dalam Seleksi Penerimaan Polri

Wajib Baca! Tahapan Seleksi Penerimaan Polri dari Awal Sampai Akhir

Sekolah Polisi Negara Apa itu SPN? Ada Berapa SPN di Indonesia

Perbedaan Tamtama Polri,Bintara,AKPOL,SIPSS dalam Rekrutmen Polri

Mau Daftar Polisi/Polwan Pilih Tamtama atau Bintara? Ini Perbedaanya

 

 

Link copied to clipboard.