Perbedaan Tamtama Polri,Bintara,AKPOL,SIPSS dalam Rekrutmen Polri

Artikel ini akan membahas perbedaan mendasar antara empat jalur rekrutmen utama di Polri: jalur Tamtama Polri, jalur Bintara Polri, jalur SIPSS, Akpol

Daftar Isi [Tampilkan]
Penerimaan Polwan 2024
Penerimaan Polwan 2024

Tamtama,Bintara,SIPSS,AKPOL

Perbedaan Tamtama,Bintara,AKPOL,SIPSS dalam Rekrutmen Polri yang harus kamu tau! Penerimaan anggota Polri merupakan langkah penting bagi individu yang ingin berkarier dalam bidang kepolisian. Polri menawarkan beberapa jalur penerimaan yang memiliki perbedaan dalam proses seleksi,persyaratan,lama pendidikan, dan output pangkat yang berbeda. Artikel ini akan membahas perbedaan mendasar antara empat jalur rekrutmen utama di Polri: jalur Tamtama Polri, jalur Bintara Polri, jalur SIPSS, dan jalur Akpol.

Berikut adalah perbedaan antara beberapa jalur penerimaan utama di Polri:

1. Tamtama Polri

Tamtama adalah salah satu jalur penerimaan di Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang ditujukan untuk calon anggota polisi di tingkat pangkat terendah. Program Tamtama merupakan jalur penerimaan yang terbuka bagi lulusan SMA/SMK yang ingin bergabung dengan Polri.

Proses seleksi untuk Tamtama meliputi berbagai tahapan, seperti tes kesehatan, tes fisik, tes tertulis, dan wawancara. Calon anggota polisi yang diterima melalui jalur ini akan menjalani pendidikan dasar kepolisian yang meliputi berbagai mata pelajaran seperti hukum, taktik, penegakan hukum, serta keterampilan teknis kepolisian lainnya.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, mereka yang lulus dari program Tamtama akan diangkat sebagai anggota polisi operasional di Polri. Tugas-tugas mereka meliputi patroli, pengamanan, penanganan kasus, penegakan hukum, dan tugas-tugas kepolisian lainnya di lapangan.

Peran Tamtama dalam Polri sangat penting karena mereka merupakan ujung tombak dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di tingkat yang paling dasar. Mereka bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas-tugas operasional yang terkait dengan kepolisian sehari-hari dan memiliki peran signifikan dalam memberikan layanan dan perlindungan kepada masyarakat.

  •     Persyaratan : Biasanya untuk lulusan SMA/SMK. Pendaftar akan mengikuti seleksi yang meliputi tes kesehatan, tes jasmani, tes tertulis, dan wawancara.
  •     Pendidikan : Mereka menjalani pendidikan dasar kepolisian untuk menjadi anggota polisi di tingkat dasar.
  •      Lama pendidikan : 5-7 bulan (tergantung keputusan) 
  •     Tempat Pendidikan : Pusdik Brimob, Pusdik atau SPN
  •     Tanggung Jawab : Setelah lulus dari pendidikan dasar, mereka bertugas sebagai anggota polisi operasional dengan tugas-tugas lapangan seperti patroli, pengamanan, dan tugas-tugas kepolisian lainnya.
  •     Output Pangkat : Bharada
Persyaratan lengkap batas umur maksimal dan minimal,tinggi badan minimal,dan berkas lain seperti Ijazah dan Lulusan yang bisa mengikuti seleksi jalur Tamtama baca disini Pendaftaran Tamtama Polri 2024.

Pangkat Tamtama Polri
Urutan Pangkat Tamtama Polri

2. Bintara / Brigadir Polri

Bintara Polri merujuk pada pangkat atau jabatan di tingkat menengah dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Ini adalah jalur karier di Polri yang mengarah pada tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan anggota polisi tingkat dasar (seperti Tamtama).

Untuk menjadi seorang bintara di Polri, seseorang biasanya harus mengikuti jalur pendidikan dan pelatihan di Polri yang diikuti dengan penugasan di berbagai unit di kepolisian. Proses rekrutmen untuk menjadi bintara Polri seringkali terbuka bagi lulusan SMA/SMK.

Anggota Bintara Polri memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan anggota tingkat dasar (seperti Tamtama). Mereka dapat ditugaskan di berbagai bagian di Polri, baik itu di bidang operasional, administratif, penyidikan, lalu lintas, pengamanan, dan lain sebagainya. Seiring dengan pengalaman dan prestasi kerja yang terkumpul, seorang bintara juga dapat naik pangkat dan menempati posisi-posisi yang lebih tinggi dalam hierarki Polri.

Bintara Polri memiliki peran yang signifikan dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian sehari-hari. Mereka dapat terlibat dalam berbagai aktivitas operasional untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta dalam mendukung penegakan hukum di tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan anggota tingkat dasar

  •     Persyaratan : Biasanya untuk lulusan SMA/SMK. Jalur ini merupakan jenjang karier untuk menjadi Brigadir Polri, di mana pendaftar akan mengikuti seleksi yang mirip dengan Tamtama.
  •     Pendidikan : Mereka menjalani pendidikan dasar kepolisian untuk menjadi anggota polisi di tingkat dasar, dengan fokus pada tugas-tugas operasional lapangan.
  •     Lama Pendidikan : 5 Bulan (di SPN masing-masing Polda,Pusdik atau Sepolwan)
  •     Output Pangkat : Bripda (Brigadir Polisi Dua)
  •     Tanggung Jawab : Bertugas sebagai anggota polisi operasional dengan tugas-tugas di lapangan, mirip dengan Tamtama.
Untuk Persyaratan lengkap mengenai Pendaftaran Bintara Polki/Polwan TA 2024 seperti batas Usia Maksimal dan minimal,tinggi badan minimal,dan administrasi lain seperti Ijazah dan Lulusan yang bisa daftar jalur Bintara langsung saja baca disini Pendaftaran Bintara Polri 2024.

 3. Akpol (Akademi Kepolisian)

Akpol merupakan jalur penerimaan yang lebih tinggi dan intensif, khususnya untuk calon perwira Polri. Dibuka bagi lulusan SMA/SMK, proses seleksi sangat kompetitif dengan tes yang mencakup aspek fisik, mental, dan pengetahuan. Setelah lulus dari Akpol, mereka mendapat pangkat IPDA dan bertugas dalam manajemen dan kepemimpinan di Polri.

  •     Persyaratan: Biasanya untuk lulusan SMA/SMK. Jalur ini menyediakan pendidikan untuk menjadi perwira di kepolisian. Pendaftar akan mengikuti seleksi yang meliputi tes tertulis, tes kesehatan, tes jasmani, psikotes, dan wawancara.
  •     Pendidikan: Menjalani pendidikan dan pelatihan yang lebih tinggi dan terfokus pada kepemimpinan, manajemen, hukum, dan aspek lainnya yang berkaitan dengan perwira polisi.
  •     Tanggung Jawab: Setelah lulus dari Akpol, mereka akan menduduki posisi manajerial dan kepemimpinan di berbagai unit di Polri.
  •     Lama Pendidikan : 4 Tahun di Akademi Kepolisian Semarang
  •     Output : Berpangkat IPDA (Inspektur Polisi Dua)
  •     Gaji :  -

Untuk Persyaratan lengkap mengenai batas Usia Maksimal dan minimal,tinggi badan,dan administrasi lain seperti Ijazah dan Lulusan yang diterima bisa Akpol bisa baca disini Pendaftaran Akpol 2024.


4. SIPSS Polri

SIPSS adalah singkatan dari "Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana". Ini merupakan jalur rekrutmen Polri yang ditujukan untuk lulusan perguruan tinggi (S1). SIPSS memberikan kesempatan bagi mereka yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi untuk menjadi perwira polisi di Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Program SIPSS memberikan pendidikan dan pelatihan yang lebih mendalam tentang tugas-tugas seorang inspektur polisi, yang termasuk dalam kategori perwira Polri. Proses rekrutmennya melibatkan seleksi yang ketat, termasuk tes tertulis, tes kesehatan, tes fisik, psikotes, dan wawancara. Peserta yang lolos seleksi akan mengikuti pendidikan di SIPSS yang mencakup berbagai mata pelajaran terkait hukum, manajemen kepolisian, investigasi, kepemimpinan, dan aspek teknis lainnya yang relevan dengan peran seorang inspektur polisi.

Setelah menyelesaikan pendidikan di SIPSS, lulusan akan diangkat sebagai perwira Polri dengan tugas-tugas yang berkaitan dengan manajerial, operasional, dan administratif di berbagai unit di Kepolisian Republik Indonesia. Peran perwira polisi biasanya melibatkan tanggung jawab yang lebih besar dalam pengambilan keputusan, manajemen personel, penegakan hukum, dan aspek strategis lainnya di tingkat yang lebih tinggi dalam organisasi kepolisian

  •     Persyaratan : Biasanya untuk lulusan S1. Pendaftar akan mengikuti seleksi yang meliputi tes tertulis, tes kesehatan, tes jasmani, psikotes, dan wawancara.
  •     Pendidikan : Menjalani pendidikan dan pelatihan yang lebih mendalam tentang tugas-tugas inspektur polisi.
  •     Tempat Pendidikan : di AKPOL Lemdiklat Semarang
  •     Gaji : -
  •     Tanggung Jawab : Setelah lulus dari SIPSS, mereka dapat bertugas sebagai perwira di Polri, memegang tanggung jawab manajerial dan operasional di berbagai unit di kepolisian.

Untuk Persyaratan lengkap mengenai batas Usia Maksimal dan minimal,tinggi badan,dan administrasi lain bagi calon siswa SIPSS Baca disini untuk jalur Pendaftaran SIPSS 2024.

5. Polwan (Polisi Wanita)

Polwan adalah singkatan dari "Polisi Wanita". Ini merujuk pada unit atau bagian dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang terdiri dari perempuan yang menjadi anggota kepolisian. Polwan memiliki peran yang penting dalam penegakan hukum dan menjaga keamanan, namun sering kali memiliki fokus atau tugas khusus dalam penanganan kasus-kasus yang melibatkan perempuan, anak-anak, atau situasi-situasi yang memerlukan pendekatan khusus secara sosial atau budaya.

Sebagai bagian dari Polri, anggota Polwan menjalani pelatihan dan pendidikan yang sama dengan anggota polisi lainnya, tetapi sering kali mereka diberikan penekanan pada pelatihan yang berfokus pada aspek-aspek tertentu yang berkaitan dengan peran atau tugas-tugas khusus yang melibatkan perempuan atau anak-anak dalam kasus-kasus kepolisian.

Polwan memainkan peran yang signifikan dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian, terutama dalam situasi di mana ada kebutuhan untuk menyediakan pendekatan yang lebih sensitif dan khusus terhadap perempuan yang menjadi korban, pelaku, atau saksi dalam suatu kasus. Mereka juga dapat terlibat dalam kampanye sosial, pencegahan kejahatan, dan upaya-upaya lain yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perlindungan terhadap perempuan dan anak-anak dalam masyarakat.

  •     Persyaratan: Persyaratan umumnya serupa dengan jalur Brigadir Polri, namun hanya untuk wanita.
  •     Pendidikan: Polwan menjalani pendidikan dan pelatihan yang sama dengan anggota polisi lainnya, namun dengan penekanan pada peran dan tugas-tugas khusus yang berkaitan dengan kepolisian dan pelayanan masyarakat yang lebih berfokus pada segmen wanita atau kasus yang melibatkan wanita.
  •     Lama Pendidikan :
    •     Bintara : 5 bulan di SEPOLWAN Jakarta
    •     AKPOL : Selama 4 tahun di AKPOL Semarang
    •     SIPSS : di AKPOL Semarang
  •     Tanggung Jawab: Tugasnya mirip dengan anggota polisi lainnya, namun sering kali mereka terlibat dalam tugas-tugas khusus yang melibatkan wanita, anak, atau kasus-kasus tertentu yang lebih sensitif secara sosial atau budaya.

Persyaratan lengkap mengenai batas Usia Maksimal dan minimal,tinggi badan,dan administrasi lain bagi calon siswa Polwan Baca disini untuk Pendaftaran POLWAN 2024.

Setiap jalur penerimaan memiliki peran yang penting dalam struktur Polri, membentuk berbagai tingkatan dari anggota operasional hingga manajemen di berbagai unit. Polri membutuhkan kehadiran dari setiap jenjang kepolisian untuk menjalankan tugasnya dengan efektif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca juga ! 

Kamu Harus Tahu Istilah dan Arti Kata dalam Seleksi Penerimaan Polri

Wajib Baca! Tahapan Seleksi Penerimaan Polri dari Awal Sampai Akhir

Syarat Tinggi Badan Minimal untuk Daftar Polisi Tahun 2024/2025

Contoh Soal Tes Buta Warna Masuk Polisi dan Polwan

Mau Daftar Polisi/Polwan Pilih Tamtama atau Bintara? Ini Perbedaanya

 

Link copied to clipboard.